SENI TARI SUMATERA UTARA

A.TAPANULI UTARA

Tari Tor-Tor Tujuh Cawan

Tari_TorTor_Tujuh_Cawan_tidak_bisa_dipelajari_sembarangan_orang_kecuali_kalau_memang_sudah_jodoh._Lewat_turun_temurun,_tarian_tujuh_cawan_dianggap_sebagai_tarian_paling_unik_karena_sang_penariharus_menjaga_keseimbangan_tujuh_cawan_yang_diletakkan_di_kedua_belah_tangan_kanan_dan_kiri_tiga_sertasatu_di_kepala._ Tarian_tujuh_cawan_mengandung_arti_pada_setiap_cawannya._Untuk_cawan_1_mengandung_makna_kebijakan,_cawan_2_kesucian,_cawan_3_kekuatan,_cawan_4_tatanan_hidup,_cawan_5_hukum,_cawan_6_adat_dan_budaya,_cawan_7_penyucian_atau_pengobatan._Kegunaan_lain_dari_tarian_ini_adalah_untuk_membuang_semua_penghalang_bagi_orang_yang_hadir_disitu,_tentunya_bagi_yang_percaya._Biasanya_mAnusia_punya_kegagalan_karna_ada_penghalang_bawaan_dari_lahir,_karma,_guna-guna,_atau_akibat_perbuatan_sendiri. Dari_segi_budaya,_tarian_ini_merupakan_tarian_spiritual_tertinggi_di_Danau_Toba._Sekarang_tarian_ini_juga_digunakan_untuk_pelantikan_menteri,_walikota,_bupati_dll._Dari_dulu_tarian_ini_sudah_menjadi_kebanggan_di_kalangan_orang_Batak.Tarian_ini_juga_dulunyadigelar_di_opera_Batak.Gerakannya_se-irama_dengan_iringan_musik_(Margondang)_yangdimainkan_dengan_alatalat_musik_tradisional_seperti_gondang,suling,_terompet_batak,_dan_lain-lain. 


Tor-Tor Tongkat Panaluan

Tari_tongkat_Panaluan_adalah_sebuah_tongkat_yang_bersifat_magis_dan_terbuat_dari_kayu_yang_telah_diukir_dengan_gambar_kepala_manusia_dan_binatang,_panjang_tongkat_tersebut_diperkirakan_lebih_kurang_2_(dua_)_meter_sedangkan_tebalnya_/_besarnya_kira__kira_5-6_cm.
Dalam_suku_batak_tongkat_panaluan_dipakai_oleh_para_datu_dalam_upacara_ritus,_dan_tongkat_ini_dipakai_para_datu_(dukun)_dengan_tarian_tortor_yang_diiringi_gondang_(gendang)_sabangunan. Konon_menurut_sejarah_suku_batak_bahwa_Tunggal_Panaluan_ini_merupakan_fakta_sejarah_yang_memiliki_kisah_hubungan_terlarang,_pada_dahulu_kala_ada_seorang_raja_yang_tinggal_di_desa_Sidogor_dogor_Pangururan_di_pulau_Samosir_di_teluk_perpisahan_antara_darat_dan_air,_Raja_ini_bernama_Guru_Hatiabulan_dengan_memiliki_seorang_istri_bernama_Nan_Sindak_Panaluan. 


Tor-Tor Sigale-Gale

Sigalegale_merupakan_pertunjukan_kesenian_dari_daerah_Tapanuli_Utara.SiGalegale_adalah_nama_sebuah_patung_yang_terbuat_dari_kayu_yang_berfungsi_sebagai_pengganti_anak_rajaSamosir_yang_telah_meninggal._Untuk_menghibur_raja_maka_dibuatlah_patung_kayu_yang_di_beri_nama_sigale-gale_dan_di_gerakkan_oleh_manusia.


Tari Souan

Tari_ini_berasal_dari_daerah_Tapanuli_Utara._Tari_ini_merupakan_tari_ritual,_dahulunya_tari_ini_dibawakan_oleh_dukun_sambil_membawa_cawan_berisi_sesajen_yang_Sebagai_media_penyembuhan_penyakit_bagi_masyarakat_Tapanuli_Utara. 

B.TAPANULI SELATAN

Tari Endeng-Endeng

Endengendeng_dapat_dikategorikan_sebuah_perpaduan_tarian_dan_pencak_silat._Tradisi_ini_lazimnya_dilakukan_masyarakat_yang_sedang_menggelar_pesat_khitanan_(sunat_rasul)_atau_malam_pesta_perkawinan_oleh_masyarakat.Tari_ini_menggambarkan_semangat_dan_ekspresi_gembira_masyarakat_sehari-hari._Tari_endengendeng_merupakan_tari_tradisi_yang_berasal_dari_daerah_Tapanuli_Selatan._Dalam_penampilannya,_endengendeng_dimainkan_oleh_sepuluh_pemain_yakni_dua_orang_bertugas_sebagai_vokalis,_satu_orang_pemain_keyboard,_satu_orang_pemain_tamborin,_lima_orang_penabuh_gendang,_dan_seorang_pemain_ketipung_(gendang_kecil)._Biasanya_lagu_yang_dibawakan_berbahasa_Tapanuli_Selatan._Setiap_tampil,_kesenian_ini_memakan_waktu_empat_jam._Daya_tarik_kesenian_ini_adalah_joget_dan_tariannya_yang_ceria,_sesuai_dengan_lagu-lagu_yang_dibawakan. 

C.SIMALUNGUN

Tari Toping-Toping (Huda-Huda)

Topingtoping_adalah_jenis_tarian_tradisional_dari_suku_Batak_Simalungun_yang_dilaksanakan_pada_acara_duka_cita_di_kalangan_keluarga_Kerajaan._Toping-toping_atau_hudahuda_ini_terdiri_dari_2_(dua)_bagian,_bagian_pertama_yaitu_hudahuda_yang_dibuat_dari_kain_dan_memiliki_paruh_burung_enggang_yang_menyerupai_kepala_burung_enggang_yang_konon_menurut_cerita_orang_tua_bahwa_burung_enggang_inilah_yang_akan_membawa_roh_yang_telah_meninggal_untuk_menghadap_yang_kuasa,_bagian_kedua_adalah_manusia_memakai_topeng_yang_disebut_topeng_dalahi_dan_topeng_ini_dipakai_olehkaum_lakilaki_dan_wajah_topeng_juga_menyerupai_wajah_lakilaki_dankemudian_topeng_daboru_dan_yang_memakai_topeng_ini_adalah_perempuan_karena_topeng_ini_menyerupai_wajah_perempuan_(daboru). Pada_Zaman_dahulu_penampilan_hudahuda_atau_topingtoping_dan_tangistangis_hanya_dilaksanakan_dikalangan_keluarga_kerajaan_saja.


Tari Manduda

Tari_ini_berasal_dari_daerah_Simalungun,_menggambarkan_kehidupan_petani_yang_sedang_turun_kesawah_dengan_suasana_gembira,_mulai_menanam_padi_hingga_sampai_kepada_suasana_menuai_padi._Gerak_memotong_padi,_mengirik_dan_menampis_padi_tergambar_melaui_motif-motif_gerakannya_yang_lemah_gemulai_dan_lincah.

D.NIAS

Tari Balanse Madam

Tari_Balanse_Madam_sebuah_tari_tradisional_yang_terdapat_di_Seberang_Palinggam_Kota_Padang,_yang_menjadi_milik_dan_warisan_budaya_masyarakat_Suku_Nias_Kota_Padang._Tari_Balanse_Madam_merupakan_sebuah_kesenian_tari_yang_berupa_peninggalan_budaya_lama_yang_telah_ditransmisikan_secaraturun_temurun_dalam_masyarakat_suku_Nias_di_Seberang_Palinggam. Sejarah_keberadaan_Tari_Balanse_Madam_tidak_terlepas_dari_kehadiran_bangsa_Portugis_di_pantai_barat_pulau_Sumatera_pada_abad_ke_enam_belas._Kedatangan_bangsa_Portugis_ke_Kota_Padang_telah_membawa_dampak_terhadap_tumbuhnya_kesenian_di_Padang_waktu_itu,_diantaranya_tari_Balanse_Madam_dan_Musik_Gamad._Nosafirman_(1998:_2)_menjelaskan_seabad_sebelum_tanggal_7_Agustus_tahun1669,_Namun_kampung_ini_mulai_ramai_sejak_orang-orang_Portugis_dan_Aceh_berdatangan_untuk_berdagang_ke_Kota_Padang_pada_masa_itu.Menilik_kehadiran_bangsa_Portugis_ke_Padang_sebagai_pedagang,_maka_bersamaan_itu_pula_berdatangan_penduduk_imigran_dari_pulau_Nias_untuk_bekerja_sebagai_buruh_atau_pembantu_di_pelabuhan_bagi_bangsa_Portugis.Dengan_dipekerjakannya_orang-orang_Nias_yang_berada_di_Padang_oleh_Portugis,_maka_terjadilah_relasi_sosial_budaya_antara_keduasuku_bangsa_tersebut,_sehingga_menularkan_suatu_bentuk_kesenian_yakni_tari_Balanse_Madam._Awal_lahirnya_Tari_Balanse_Madam_adalah_akibat_seringnya_terjadi_kontak_(hubungan)_sosial_antara_bangsaPortugis_sebagai_majikan_dengan_orang_Nias_sebagai_bawahan_atau_pekerja._Setiap_pesta_yang_dilakukan_oleh_bangsa_Portugis_baik_di_kapal_ataupun_di_daratan_selalu_diperkenalkan_tarian_yang_berbentuk_tari_pergaulan_seperti_dansa_kepada_orang-orang_Nias. 


Tari Baluse

Tari_baluse_merupakan_tari_perang_ala_masyarakat_Nias._Tarian_ini_berasal_dari_Nias_Selatan._Sekarang_ini,_tari_baluse_biasanya_digunakan_untuk_penyambutan_tamu_atau_wisatawan.


Tari Maena

Maena_merupakan_tarian_yang_sangat_simpel_dan_sederhana,_tetapi_mengandung_makna_kebersamaan,kegembiraan,_kemeriahan,_yang_tak_kalah_menariknya_dengan_tarian-tarian_yang_ada_di_Nusantara._Tari_maena_tidak_memerlukan_keahlian_khusus._Gerakannya_yang_sederhana_telah_membuat_hampir_semua_orang_bisa_melakukannya._Kendala_atau_kesulitan_satusatunya_adalah_terletak_pada_rangkaian_pantunpantun_maena_(fanutunõ_maena),_supaya_bisa_sesuai_dengan_eventdimana_maena_itu_dilakukan._Pantun_maena_biasanya_dibawakan_oleh_satu_orang_atau_dua_orang_dan_disebut_sebagai_sanutunõ_maena,_sedangkan_syair_maena_(fanehe_maena)_disuarakan_oleh_orang_banyak_yang_ikut_dalam_tarian_maena_dan_disebut_sebagai_sanehe_maena/ono_maena._Syair_maena_bersifat_tetap_dan_terus_diulang-ulang/disuarakan_oleh_peserta_maena_setelah_selesai_dilantunkannya_pantun-pantun_maena,_sampai_berakhirnya_sebuah_tarian_maena._Pantun_maena_dibawakan_oleh_orang_yang_fasih_bertuntun_bahasa_Nias_(amaedola/duma-duma),_namun_seiring_oleh_perkembangan_peradaban_yang_canggih_dan_moderen,_pantun-pantun_maena_yang_khas_li_nono_niha_sudah_banyak_menghilang,_bahkan_banyak_tercampur_oleh_bahasa_Indonesia_dalam_penuturannya,_ini_bisa_kita_dengarkan_kalau_ada_acara-acara_maena_di_kota-kota_besar._Maena_boleh_dibilang_sebuah_tarian_seremonial_dan_kolosal_dari_Suku_Nias,_karena_tidak_ada_batasan_jumlah_yang_boleh_ikut_dalam_tarian_ini._Semakin_banyak_peserta_tari_maena,_semakin_semangat_pula_tarian_dan_goyangan_(fataelusa)_maenanya._Maena_biasanya_dilakukan_dalam_acara_perkawinan_(falõwa/fangowalu)_dan_pesta_(owasa/folau_õri).


Tari Moyo (Tari Elang)

Tari_moyo_atau_tarian_elang_juga_merupakan_tarian_yang_biasa_digunakan_untuk_penyambutan_tamu_agung_yang_dilakukan_secara_adat._Tarian_ini_biasanya_dibawakan_oleh_gadis-gadis_Nias_yang_melakukan_gerakan_layaknya_burung_elang.

E.KARO

Tari Piso Surit

Piso_Surit_adalah_salah_satu_tarian_Suku_Karo_yang_menggambarkan_seorang_gadis_sedang_menantikan_kedatangan_kekasihnya._Penantian_tersebut_sangat_lama_dan_menyedihkan_dan_digambarkan_seperti_burung_Piso_Surit_yang_sedang_memanggil-manggil._Piso_dalam_bahasa_Batak_Karo_sebenarnya_berarti_pisau_dan_banyak_orang_mengira_bahwaPiso_Surit_merupakan_nama_sejenis_pisau_khas_orang_karo._Sebenarnya_Piso_Surit_adalah_bunyi_sejenis_burung_yang_suka_bernyanyi._Kicau_burung_ini_bila_didengar_secara_seksama_sepertinya_sedang_memanggil-manggil_dan_kedengaran_sangat_menyedihkan._Jenis_burung_tersebut_dalam_bahasa_karo_disebut_"pincala"_bunyinya_nyaring_dan_berulang-ulang_dengan_bunyi_seperti_"piso_serit"._Kicau_burung_inilah_yang_di_personifikasi_oleh_Komponis_Nasional_dari_Karo_Djaga_Depari_dari_Desat_Desa_dan_penyelenggaraan_pesta_adat_di_Desa_Seberayadiberi_nama_Jambur_Piso_Serit. Berkat_kepiawaian_Djaga_Depari_menciptakan_lagu-lagu_berbasis_lagu_Karo,_Moralitas_Masyarakat_Karo,Perkembangan_zaman,_adat-istiadat_Karo,_romantisme_sampai_kehidupan_perjuangan_masyarakat_Karo_semasa_merebut_kemerdekan_dari_tangan_penjajah_pada_masa_lalu,_sehingga_sang_maestro_dianugrahkan_gelar_sebagai_komponis_nasional_Indonesia,_dan_kini_untuk_lebih_mengenang_jasa-jasa_beliau,_maka_dibangun_sebuah_monumen_Djaga_Depari,_di_Persimpangan_antara_Jl_Patimura,_Jl.Sultan_Iskandar_Muda_dan_Jl._Letjen_Djamin_Ginting.


Tari Guro-Guro Aron

Guro-guro_Aron_adalah_arena_muda-mudi_Karo_untuk_saling_kenal_dan_sebagai_lembaga_untuk_mendidik_anak_muda-mudi_mengenal_adat. Dahulu_acara_ini_dibuat_sebagai_salah_satu_alat_untuk_membudayakan_seni_tari_Karo_agar_dikenal_dan_disenangi_oleh_muda-mudi_dalam_rangka_pelestariannya. Acara_ini_dilengkapi_dengan_alat-alat_musik_khas_Karo_yakni:_Sarune,_gendang_(singindungi_dan_singanaki),_juga_dari_penganak.

F.DAIRI

Tari Tak Garo-Garo

Tari_ini_menggambarkan_kehidupan_burung,_terbang_kesana_kemari_mencari_makan_dan_bersendau_gurau_dengan_kawan-kawanya._Tari_ini_berasal_dari_Phakpak,_Dairi,_Sumatera_Utara.

Comments

Popular posts from this blog

ADAT ISTIADAT KAB.KEBUMEN

LAGU DAERAH GORONTALO

RUMAH ADAT NUSA TENGGARA TIMUR (NTT)