SENI TARI JAWA TENGAH

TARI BEDHAYA KETAWANG

Bedhaya_Ketawang_adalah_juga_salah_satu_tarian_tradisional_yang_datang_dari_SOLO_dan_Jogja_(_Pulau_Jawa_bagian_Tengah)._Kita_sering_lihat_tarian_ini_dalam_beberapa_aktivitas_seperti_suatu_upacarapenobatan_raja,_festival_atau_pertunjukan._Bedhaya_Ketawang_dimainkan_oleh_9_penari._Masing-Masing_penari_mempunyai_tugas_dan_nama_khusus._Nama_mereka_adalah_Batak_(_penari_pertama),_Endhel_Ajeg,_Endhel_Weton,_Apit_Ngarep,_Apit_Mburi,_Apit_Meneg,_Gulu,_Dhada,_dan_Boncit. Tarian_ini_pada_umumnya_ditemani_oleh_Musik_Jawa_Orkes_yang_disebut_Gamelan._Gamelan_ini_dinamai_Gamelan_Kyai_Kaduk_Manis_yang_terdiri_dari_dari_banyak_instrumen_musik_seperti_kendhang_Ageng_(_kendhang_besar),_Kendhang_Ketipung,_Kenong,_dan_kethuk

TARI SERIMPI

TARI MERAK

TARI WATANG (PASUKAN TOMBAK REMAJA PERKASA)

TARI JEMPARING PUTRI (PASUKAN PANAH GADIS-GADIS AYU)


TARI GAMBYONG

Tari Gambyong merupakan suatu tarian yang disajikan untuk menyambut tamu atau mengawali suatu resepsi perkawinan. Ciri khas, selalu dibuka dengan gendhing Pangkur. Tariannya terlihat indah dan elok apabila si penari mampu menyelaraskan gerak dengan irama kendang dan gending.

TARI SENI BARONG BLORA

Seni_Barong_Blora,_merupakan_salah_satu_kesenian_rakyat_yang_sangat_populer_di_kalangan_masyarakat_Blora._Alur_cerita_bersumber_dari_hikayat_panji._Di_dalam_seni_Barong_tercermin_sifat-sifat_kerakyatan_seperti_spontanitas,_sederhana,_keras,_kompak_yang_dilandasi_kebenaran._Kesenian_barongan_berbentuk_tarian_kelompok_yang_terdiri_dari_tokoh_Singo_Barong,_Bujangganong,_Joko_Lodro/Gendruwon._Jaranan/Pasukan_Berkuda,_serta_prajurit.

TARI TOPENG IRENG

Topeng_Ireng_kepanjangan_dari_Tata_Lempeng_Irama_Kenceng_yang_artinya_baris_lurus_irama_keras.Topeng_ireng_hidup_dan_berkembang_di_lereng_Gunung_Merbabu_dan_Merapi._Kesenian_itu_sering_dipergunakan_untuk_acara_hajatan._Sekelompok_penari_dengan_sepatu_gemerincing_dan_kostum_bakIndian_Boyolali,_topi_bulu_ayam,_kain_berwarna-warni_memainkan_tarian_dinamis_yang_mengundang_tepuk_tangan_penonton.

TARI APLANG

Tari_Aplang_merupakan_tarian_tradisional_yang_berasal_dari_Kabupaten_Banjarnegara._Dahulu_Tari Aplang_digunakan_untuk_syiar_Agama_Islam._Aplang_berasal_dari_kata_ndaplang_yang_berarti_tangan_digunakan_seperti_gerakan_silat._Tarian_ini_ditarikan_oleh_remaja_putra-putri_dengan_diiringi_rebana,_bedug,_kendang_dan_nyanyian_syair_salawatan._Kostumnya_model_Islam_Jawa_yang_indah_dipandang_mata._Kembali_ke_Jatidiri_Bangsa_Kabupaten_Banjarnegara.

TARI SINGO BARONG

Singo_Barong._Kesenian_ini_merupakan_kesenian_tradisional_asli_rakyat_Demak,_yang_dilatar_belakangi_sejarah_Demak._Hutan_Glagah_Wangi_akan_dijadikan_pemukiman,_namun_Sang_Penunggu_yangmerupakan_sosok_gaib_Singo_Barong_Kembar_tidak_mau_menerimanya._Dengan_kesaktian_“Cemeti_Saptomowo”_siluman_Singo_Barong_dapat_ditaklukkan._Prajurit_dengan_kostum_surjan_menaiki_Kuda_Kepang_warna-warni_yang_indah.

TARI GONDORIYO

Tari_Gondoriyo._Perpaduan_antara_tari,_teater_dan_gerak_akrobatik._Ceritera_diambil_dari_babad_panji_yaitu_kisah_cinta_Raden_Panji_Asmarabangun_adri_Jenggala_yang_mempersunting_Dewi_Sekartaji_dari_Kediri._Untuk_adapat_mempersunting_putri_tersebut_Raden_Panji_harus_dapat_mempersembahkan_seekor_singo_barong_yang_dapat_berbicara._Joko_Lodro_utusan_Raden_Panji_dapat_menangkap_Singa_Lodro_di_hutan_Lodaya.

TARI LORO BLONYO

Tari_Loro_Blonyo_merupakan_gambaran_Dewi_Sri_dan_saudaranya_Dewa_Sadana.Dewi_Sri_adalah_Dewi_pelindung_padi_dan_pemberi_berkah_serta_merupakan_lambang_kemakmuran._Dewa_Sadana_adalah_Dewa_sandang_pangan._Pada_saat_sekarang,_kedua_dewa_dan_dewi_tersebut_sudah_sirna_dari_bumi_pertiwi_dan_menetap_di_Tirta_Kedasar._Sepeninggal_mereka_keadaan_bumi_pertiwi_makin_terpuruk.Bencana,_malapetaka_serta_huru-hara_terjadi_di_mana-mana._Atas_petunjuk_Dewa_Wisnu_agar_keadaan_kembali_aman_tenteram_maka_kedua_dewa_dewi_tersebut_harus_dikembalikan._Hal_tersebut_tidak_mudah_karena_untuk_mendapatkan_mereka_harus_berhadapan_dulu_dengan_raksasa_penunggu_negara_Tirta_Kedasar._Semar_akhirnya_bisa_membawa_kembali_mereka_dan_bumi_pertiwi_kembali_pulih._Untuk_mensyukuri_keberhasilan_tersebut_dibunyikan_kothekan_lesung_yang_berirama_magis._Tepuk_tangan_buat_Karanganyar.

TARI EBEG

Ebeg_adalah_kesenian_khas_Kabupaten_Kebumen._Sepasukan_pemuda_memakai_kostum_warna-warni_etnik_naik_kuda_kepang_melawan_2_Ular_Raksasa._Selamat_bagi_Kebumen_yang_telah_menampilkan_kesenian_daerahnya.

TARI SORENG MANGGALA MANGSAH YUDA

Tarian_Soreng_Manggala_Mangsah_Yuda._Sekelompok_pasukan_perang_dipimpin_seorang_komandan_yang_meniup_terompet_kerang_bak_perang_Bharatayuda._Gadis-gadis_cantik_pasukan_Srikandi_meramaikan_suasana._Pakaian_yang_gemerlapan_menimbulkan_suasana_ceria.

TARI JATHILAN

Tarian_kera-kera_seperti_di_ramayana._Ada_yang_berkostum_putih_rombongan_Hanuman._Berkulit_merah_rombongan_Hanggada._Dan_Berbulu_biru_rombongan_Anila._Tidak_ketinggalan_raksasa-raksasa_berambut_panjang_naik_kuda_kepang.

TARI KRETEK

Tari_Kretek_diilhami_akar_kesejahteraan_yang_sampai_kini_dirasakan_di_Kabupaten_Kudus._Beberap_penari_ayu_memakai_kain_kebaya,_selendang_bergaris_hitam_dengan_topi_lebar_sedang_membawa_tampah_tempat_tembakau._Tarian_menggambarkan_kegiatan_membuat_rokok

TARI REBANA SANTRI

Putra-putri_memakai_kain_batik_khas_pekalongan_memainkan_rebana._Sepatu_tali_kulit_dengan_krincingan_membuat_suasana_meriah_sekali._Warna_hijau_dan_merah_mendominasi_disamping_gemerlap_keemasan

TARI TERJING MADROH

Gabungan_dari_Terbang_Genjring,_Marawis_dan_Tari_Hadroh_memeriahkan_suasana._Gadis-gadis_berpakaian_ala_Gypsy_dengan_bahan_batik_pekalongan_warna-warni_memeriahkan_suasana.

TARI BEKSAN JURIT AMPIL

Tarian_Beksan_Jurit_Ampil_menggambarkan_salah_satu_laskar_putri_Raden_Mas_Said_yang_bergelar_Pangeran_Samber_Nyawa._Jangan_dianggap_menakutkan,_putri-putri_penari_Jurit_Ampil_memakai_kebaya_putih_lengan_pendek_membawa_gendewa_panah_dan_cundrik_dan_menari_penuh_keanggunan._Mahkota_janur_menghiasi_rambutnya

TARI WARAK DUGDER

Mengiringi_Patung_warak_sekelompok_gadis_berpakaian_Encim_putih_biru_melenggang_lenggok_denganmanisnya._Asal_kata_Dug_Der_adalah_suara_bedug_Dug_Dug_dan_suara_merian_Dher._Campuran_budaya_Islam,_Jawa_dan_Cina_melatar_belakangi_seni_ini.

TARI PRAJURIT BUMI RUMEKSO

Tari_Prajurit_Bumi_Rumekso_merefleksikan_masyarakat_pada_masa_prakemerdekaan._Pasukan_putri_bersenjatakan_panah_dan_Pasukan_pria_bersenjatakan_toya_mempertahankan_bumi_pertiwi._Gerak_yangsederhana_namun_tegas_menjiwai_tari_ini.

TARI KUNCARANING BATIK SOLO

Tari_Kuncaraning_Batik_Solo_memukau_semua_hadirin._Semua_penari_membawa_bermacam-macam_batik._Gerak_tari_yang_gemulai_dan_kompak_sangat_indah_sekaligus_mempromosikan_nama_motif_kain_batik._Pada_zaman_dulu_motif_batik_seperti_sebuah_yantra,_alat_afirmasi_bagi_pemakainya.

TARI KUNTULAN

Tari_Kuntulan_adalah_gerak_pencak_silat_yang_diwujudkan_dalam_tarian._Semangat_penari_membangkitkan_gelora_semangat_penonton.

Comments

Popular posts from this blog

ADAT ISTIADAT KAB.KEBUMEN

LAGU DAERAH GORONTALO

RUMAH ADAT NUSA TENGGARA TIMUR (NTT)