SENI TARI JAMBI

TARI SEKAPUR SIRIH



SEKAPUR_SIRIH_adalah_tari_Persembahan_Jambi_yang_ditata_oleh_Firdaus_Chatab_1962._dan_ditata_ulang_OK._Hundrick_ini,__berfungsi_untuk_menyambut_tamu-tamu_penting._Tari_ini_menggambarkan_ungkapan_rasa_putih_hati_masyarakat_dalam_menyambut_tamu.Sekapur_Sirih_ditarikan_oleh_9_orang_penari_perempuan,_dan_3_orang_penari_laki-laki,_1_orang__yang_bertugas_membawa_payung_dan_2_orang_pengawal._Propetri_yang_digunakan;_cerano/_wadah_yang_berisikan_lembaran_daun_sirih,_payung,_keris._Pakaian;_baju_kurung_/adat_Jambi,_iringan_musik_langgam_melayu_dengan_alat_musik_yang_terdiri_dari_:_biola,_gambus,_akordion,_rebana,_gong_dan_gendang.


TARI INAI

Tari_Inai,_adalah_sebuah_tarian_sakral_yang_dilakukan_pada_saat_pelaksanaan_upacara_adat_pengantinetnis_melayu_timur_yang_berada_di_tanjung_Jabung_Timur_yang_disebut_Malam_Tari_Inai._Tari_Inai_ditarikan_oleh_5_atau_7_pasang_penari_yang_tampil_secara_bergiliran_dengan_menggunakan_property_kembang_lilin._5_atau_7_pasang_penari_tersebut_masing-masing_menggambarkan_tokoh-tokoh_nenek_moyang_masyarakat_Melayu_Timur_yang_terdapat_di_Tanjung_Jabung_Timur,_yaitu_HangTuah,_Hang_Jebat,_Hang_Lekir_atau_Lekiu,_Hang_Kasturi,_Dewa_Safri,_Dandan_Setia_dan_Sidang_Budiman_sebagai_tokoh_yang_diwakili_oleh_penari_pria._Sedangkan_penari_wanita_mewakili_tokoh_PutriSiti_Zubaidah,_Putri_Suri_Maknikam,_Putri_Intan_Baiduri,_Putri_Intan_Terpilih,_Putri_Intan_Gemale,_Putri_Intan_Teserlah_dan_Putri_Begubang._Gerakan_tari_inai_umumnya_menggunakan_gerakan-gerakan_silat_dengan_iringan_musik_Kelintang_Perunggu,_Gendang_dan_Gong.


TARI TAUH (RANTAU PANDAN)

TAUH,_adalah_suatu_tari_yang_menggambarkan_tentang_pergaulan/hubungan_muda_mudi_(Bujang_Gadis)_pada_zaman_dahulu_sampai_sekarang_yang_diwariskan_secara_turun_temurun._Sampai_sekarang_masyarakat_tidak_mengetahui_secara_pasti_pencipta_Tari_Tauh_yang_telah_mengakar_ditengah-tengah_masyarakat_Rantau_Pandan_tempat_dimana_penelitian_ini_dilakukan._Pada_saat_sekarang,_Tari_Tauh_sangat_populer_di_Kabupaten_Bungo_sebagai_tari_tradisional_vang._sangat_disukai_oleh_masyarakat._Tari_Tauh_biasanya_ditarikan_ketika_menyambut_Rajo,_Berelek_Gedang,_dan_ketika_Beselang_Gedang_(gotong_royong_menuai_padi)._Jumlah_penari_Tauh_adalah_8_orang_(4_wanita_dan_4_laki-laki)_dan_termasuk_jenis_tari_tradisi_kerakyatan_dengan_lama_pementasan_tergantung_kondisi_sesuai_panjang_pantun_dan_kesanggupan_penari_dan_tidak_jarang_dari_senja_hari_sampai_pagi_hari._Adapun_musik_pengiring_ialah_Kelintang_Kayu,_Gong,_Gendang_dan_Biola,_kostum_yang_dipakai_adalah_pakaianMelayu._Pada_saat_sekarang_Tari_Tauh_sering_ditampilkan_pada_acara_resmi_yang_diadakan_Pemerintah_kecamatan/kabupaten_dan_juga_pada_acara_pernikahan._Sedangkan_lagu_yang_mengiringi_Tari_Tauh_adalah_Krinok_dan_pantun-pantun_anak_Muda._Fungsi_Tari_Tauh_adalah_untuk_pergaulan_antara_muda_mudi,_dan_hiburan_bagi_masyarakat_umum.


TARI NITI MAHLIGAI

Niti_Mahligai,_ditata_oleh_Epa_Bramanti_Putra_yang_diadaptasi_dari_sebuah_upacara_tradisional_masyarakat_Kerinci,__Niti_Naik_Mahligai. Niti_Naik_Mahligai__adalah_sebuah_upacara_yang_dulu_dilakukan_untuk_memilih_pemimpin_di_kerajaan_yang_terdapat_di_Bukit_Kaco,_batas_antara_Kerinci_dan_Bungo. Menurut_penuturan_Epa_Bramanti_Putra_sebagai_keturunan_langsung_Ratu_Kerajaan_Bukit_Kaco,_seseorang_akan_diangkat_sebagai_apabila_sang_calon_telah_melewati_beberapa_tahap_seleksi_yang__terdiri; -meniti_pecahan_kaca 
-meniti_berbagai_macam_duri_tumbuhan 
-meniti_bara_api -meniti_bambu_runcing 
-meniti/masuk_ke_dalam_api_besar 
-meniti_tanggu_berayun 
-duduk_di_daun_nyiru/awing-awang Prosesi_inilah_yang_diadaptasi_menjadi_sebuah_seni_pertunjukan._Tidak_heran_apabila_pertunjukan_tariNiti_Mahligai_sarat_dengan_nuansa_magis._Alat_musik_yang_digunakan_adalah_Gendang_Dap_diiringi_dengan_lantunan_‘Nyahu’_(vocal)_sang_pawang,_sedangkan_penari_bergerak_mengikuti_irama_musik_dengan_gerakan_tari_Aseik.


TARI SEKATO

SEKATO,_merupakan_sebuah_karya_tari_baru_yang_berangkat_dari_ragam_gerak_dasar_tari_daerah_Jambi._Kehadiran_tari_Sekato_ini_merupakan_suatu_jalan_dalam_upaya_untuk_menambah_perbendaharaan_tari_daerah_Jambi. Tari_ini_adalah_hasil_dari_kegiatan_pengolahan_tari_yang_dilaksanakan_pada_tahun_1992._Tari_ini_ditata_oleh_Sri_Purnama_Syam._Dalam_penampilannya_dibawakan_oleh_8_penari_yang_terdiri_dari_4_orangpenari_putra_dan_4_orang_penari_putri._Tari_ini_menggunakan_properti_Kipas_dan_Payung_dimana_peggunaan_Kipas_dan_Payung_selain_sebagai_penghias_juga_mengandung_arti_untuk_senjata_dan_perlindungan_diri._Beberapa_ragam_gerak_yang_dominan_dalam_tari_ini_antara_lain_adalah_gerak_lenggang,_langkah_tigo,_langkah_tak_jadi,_buka_ayun_kipas. Tari_ini_telah_dipentaskan_di_Taman_Budaya_Provinsi_Jambi._Tari_ini_menggambarkan_pasangan_muda-mudi_yang_sedang_memadu_kasih,_mereka_bergembira_bersama_dan_menari_sebagai_ungkapan_dari_rasa_kebersamaan._Musik_pengiring_tari_Sekato_ditata_oleh_Azhar._MJ_dan_Heri_Suroso,_menggunakanalat_instrumen_:_gendang_melayu,_suling,_rebana_kecil,_gong,_beduk,_kelintang_perunggu._Sedangkan_untuk_Kostum_penari_adalah_baju_gunting_limo,_celana_panjang,_kain_samping,_desta,_baju_kurung,_celana_panjang,_teratai_dan_kain_samping. 


TARI LIANG ASAK

LIANG_ASAK,_adalah_sebuah_tari_tradisional_yang_berasal_dari_Sarolangun_Kabupaten_Sarolangun._Tema_tari_ini_diangkat_dari_kebiasaan_masyarakat_setempat_pada_saat_menugal,_menanam_padi_di_sawah_yang_dilakukan_oleh_bujang_gadis._Kebiasaan_ini_dilakukan_secara_turun_termurun_dari_nenek_moyangnya._Menurut_masyarakat_setempat,_yang_dimaksud_dengan_liang_asak_adalah_lobang-lobang_kecil_akibat_ditugal_sebagai_tempat_penaburan_benih._Karena_tari_ini_menggambarkan_proses_menugal_dan_menanam_padi,_maka_judulnya_diangkat_dari_salah_satu_hasil_proses_menugal._Tari_liangasak_ini_ditata_dan_dikembangkan_oleh_Elmawati_dan_Ali_Tayib._Dipentaskan_dalam_bentuk_berpasangan_yaitu_putra_dan_putri._Jumlah_penari_yang_menarikan_berkisar_antara_tiga_sampai_dengan_lima_pasang_penari._Gerak_tari_yang_digunakan_adalah_langkah_tak_jadi,_stap,_zig-zag,_tudung_awan_dan_nyilau,_Gerak-gerak_tersebut_menggambarkan_bagaimana_proses_menugal_dan_menanam_padi_sambil_bersendagurau_bersama_pasangannya._Sang_putra_menugal_sedangkan_putri_menabur_benih._Kostum_yang_digunakanpenari_putri_adalah_baju_kurung,_kain_sarung_dan_topi_penutup_kepala._Sedangkan_penari_putra_menggunakan_busana_baju_teluk_bLango_dan_topi._Alat_musik_yang_digunakan_dalam_mengiringi_tari_liangasak_adalah_gendang,_biola,_accordion_dan_gong,_di_samping_itu_juga_diiringi_vokal._Waktu_pelaksanaan_pementasan_bebas_kapan_saja_mau_dilaksanakan,_begitu_juga_tempat_pertuniukkannya._Lama_pementasan_tari_sekitar_5_menit. 


TARI ELANG MENGIPEH

Tari_Elang_Mengipeh,_adalah_sebuah_karya_tari_baru_hasil_dari_kegiatan_pengolahan_yang_diangkat_dari_tari_tradisi_Klik_Elang._Beberapa_gerak_Tari_Klik_Elang_yang_dianggap_spesifik_tetap__dipertahankan._Pengembangan_gerak_yang_dilakukan_tetap_mengacu_pada_gerak_tari_daerah_Jambi_sebagai_dasar_pengolahan,_sehingga_pada_akhirnya_terbentuk_sebuah_karya_tari_baru_dengan_tidak_menghilangkannilai_kedaerahan_dan_mana_tari_itu_berasal._Garapan_Tari_Elang_Mengipeh_ini_adalah_sebuah_tari_bertema_yang_berbentuk_tari_kelompok_dan_dalam_penampilannya_didukung_oleh_3_orang_penari_putri._Dalam_tari_Elang_Mengipeh_ini_menggunakan_property_selendang_dan_kipas,_selendang_melambangkankepak_atau_sayap_dari_burung_elang_sedangkan_kipas_melambangkan_kuku-kuku_burung_tersebut._Sehingga_kesan_yang_ingin_ditampilkan_adalah_kelembutan_di_balik_keperkasaan_burung_elang._Sedangkan_durasi_penampilan_adalah_7_menit._Untuk_keutuhan_garapan_Tari_Elang_Mengipeh_menggunakan_perpindah_-an_pola_lantai._Hal_ini_diantisipasi_agar_tidak_terjadi_kemonotonan_dalam_garapan,_sekaligus_menghadirkan_nilai_estetis_tersendiri._Sedangkan_untuk_musik_pengiring_tarinya_menggunakan_gendang,_kelintangperunggu,_gong,_akordion,_biola_dan_beduk._Elang_Mengipeh_ditata_oleh_Sri_Purnama_Syam,_sedangmusik_ditata_oleh_Syamsuri. 


TARI ANGSO DUO

MITOS_ANGSO_DUO_SEBAGAI_INSPIRASI_PENCIPTAAN_KARYA_TARI,_hasil_eksperimen_tari_karya_Lilik_Bekti_Lestari_dan_musik_pengiring_tari_diramu_oleh_Andy_Gomes_yang_digarap_pada_bulan_September_1997._Proses_penjelajahan_gerak_dalam_menoreh_keindahan_gerakan_angsa_yang_disenyawakan_dengan_gerak_tradisi_dan_bentuk_baru_dengan_menambah_tempo,_ruang_dan_tenaga._Sikap_dasar_(satuan_terkecil_dari_gerak)_tari_tradisi_yang_dirangkai_sebagai_acuan_eksperimen_tari_Angso_Duo,_antara_lain;_noleh,_teleng,_luruh,_nanar,_tudung_swan,_saluk,_..._._dsb._Yang_perlu_digaris_bawahi_adalah_sikap_dasar_tradisi_dicomot_sebagai_langkah_eksplorasi_keindahan,_tentunya_disesuaikan_dengan_kebutuhan_ungkapan,_sehingga_menjadi_satu_garapan_yang_utuh._Performance_tari_Angso_Duodidukung_oleh_dua_orang_penari_(satu_orang_perempuan_dan_satu_orang_laki-laki)_dengan_durasi_selama_5_menit_30_detik._Pemilihan_tema_dalam_mencurahkan_bentuk_eksperimentari_Angso_Duo_tersebut_dilaksanakan_guna_memberikan_suasana_baru_bagi_penciptaan_karya_tari_garapan_baru,_yang_bertumpu_pada_penyilangan_antara_pengembangan_gerak¬-gerak_tradisi_dan_pengangkatan_mitos_yang_telah_mengental_di_hati_sanubari_masyarakat_Jambi,_Angso_Duo. 


TARI LENGGANG KIPAS LAYANG

LENGGANG_KIPAS_LAYANG,_adalah_sebuah_karya_tari_baru_yang_berasal_dan_hasil_kegiatan_pengolahan_tari._Tari_ini_berawal_dari_tari_tradisi_yang_berasal_dan_daerah_Tk._II_Merangin_vaitu_tari_Kecimpung_Ambai._Beberapa_gerak_tari_Kecimpung_Ambai_yang_ada_dan_mempunyai_nilai_khas_diangkat_dan_dikembangkan._kemudian_gerak-gerak_tersebut_dikemas_sehingga_terbentuk_suatu_gerak_baru_yang_pada_akhirnya__menjadi_sebuah_tari_baru._Tari_Lenggang_Kipas_Layang_menceritakan_tentang_kegembiraan_muda-mudi_setelah_lelah_bekerja,_mereka_bermain,_bersendagurau_dengan_riangnya._Dalam_penampilannya_Tari_Lenggang_Kipas_Layang_di_tarikan_oleh_6_orang_penari_putri_dengan_menggunakan_kipas_sebagai_propertinya,_dimana_fungsi_kipas_itu_selain_sebagai_hiasan_Juga_berfungsi_sebagai_perisai_diri._Tari_ini_ditata_oleh_Sri_Purnama_Syam_dan_musik_pengiringnya_ditata_oleh_Heri_Suroso._Tari_ini_telah_dipentaskan_di_Taman_Budaya_Provinsi_Jambi_pada_tanggal_6_Februari_1998_serta_dipentaskan_di_Taman_Budaya_Provinsi_Bengkulu. 


TARI KODRAT

KOMPOSISI_TARI_KODRAT,_karya_Sri_Purnama_Syam_yang_dipentaskan_dalam_Workshop_Tari_Kontemporer_di_Taman_Budaya_Jambi._Bengkel_Tari_Taman_Budaya_Propinsi_Jambi_mencoba_membuat_sebuah_komposisi_tari_yang_berjudul_Kodrat,_dimana_ide_serta_tema_komposisi_tari_ini_muncul_untuk_mengungkapkan_hal-hal_yang_terjadi_dan_dialami_oleh_wanita_dalam_kehidupannya._Dimana_gambaran_kekerasan_hati_seorang_wanita_tatkala_mendapat_benturan_yang_melewati_batas._la_berusaha_untuk_melepaskan_diri_dari_semua_belenggu_yang_mengikat,_namun_bagaimanapun_juga_Kodrat_tidak_bisa_di_lawan._Komposisi_Tari_Kodrat_ini_menggunakan_piring_sebagai_properti_dalam_media_ungkap_sehingga_diharap_kan_akanterjadi_komunikasi_antara_garapan_dan_penghayat._Sedangkan_untuk_musik_pengiring_dibuat_oleh_Andy_Gomes. 


TARI RANGGUK

Tari_tradisi_yang_berasal_dari_Kabupaten_Kerinci,_Jambi._Rangguk_dalam_bahasa_Kerinci_diucapkan_dalam_versi_dialek_yang_berbeda._Orang_Sungai_Penuh_mengatakannya_“Ranggoak’,_dialek_Pulau_Tengah_‘Rangguek’,_sedangkan_dialek_Kerinci_Hulu_adalah_‘Rangguk’._Ada_dua_pendapat_yang_mengacu_pada_penger¬tian_kata_tersebut._Pertama_kata_Rangguk_tersebut_adalah_kata_lain_untuk_menyebuttari_dalam_bahasa_Kerinci,_jadi_menari_disebut_meRangguk_dan_pendapat_ini_dapat_dilihat_pemakaiannya_seperti_pada_awal_dari_penyebut_nama_tari-tari_yang_hampir_punah_di_daerah_Kerinci_seperti_Rangguk_Dua_Belas_yang_berarti_tari_dua_belas,_Rangguk_Bigea_Rabbeah_atau_tari_Bigea_Rabbeih,_Rangguk_Ayak_atau_tari_Ayak_dan_begitu_pula_pemakaian_kata_Rangguk_dalam_kalimat_atau_konteks_kalimat_akan_lebih_terasa_bahwa_ka¬ta_Ranggukberarti_tari,_seperti_"Mari_anak-anak_kita_me¬Rangguk"_atau"kelompok_mana_yang_sedang_meRangguk_sekarang"._Sedangkan_Pendapat_kedua_adalah_dari_mereka_yang_biasa_memperpendek_kata,_sebagaimana_kebisaan_orang_Kerincipada_umumnya_bahwa_kata_ini_adalah_gabungan_dari_kata_Uhang_yang_berarti_orang_dan_kata_Ngangok_yang_berarti_mengangguk,_sehingga_dari_gabungan_kata_Uhang_Ngangok_ini_dalam_perkembangannya_menjadi_kata_Ranggok._Tari_Ranggok_pada_awal_perkembangannya_ditarikan_oleh_laki-laki_dan_diiringi_dengan_tetabuan_rebana,_sebagai_hiburan_setelah_seharian_bekerja_keras._Gerakan_tari_Rangguk_pada_mulanya_sangat_sederhana,_yakni_para_penari_duduk_dalam_posisi_melingkar_menabuh_rebana_dan_menyanyi._Masa_itu_wanita_dianggap_tabu_melakukan_Rangguk,_mungkin_sekali_disebabkan_oleh_pengaruh_Islam_yang_sangat_kuat_dalam_masyarakat_ini.

Comments

Popular posts from this blog

ADAT ISTIADAT KAB.KEBUMEN

LAGU DAERAH GORONTALO

RUMAH ADAT NUSA TENGGARA TIMUR (NTT)