SENI TARI KALIMANTAN TENGAH
A. TARI DADAS
Tari_Dadas_adalah_sebuh_tari_yang_berasal_dari_daerah_Barito_Selatan._Tarian_ini_adalah_tarian_muda-mudi_dayak._Dengan_menggunakan_gelang_dadas_nuansa_tari_semakin_terasa_karena_ditampilkan_dengan_musik_yang_seirama_dengan_gerak_dan_tari_para_penarinya._ Adapun_alat_musik_yang_digunakan_untuk_menarikan_tarian_Dadas_ini_adalah_gong,_kangkanung,_gendang_dan_alat_musik_khas_masyarakat_lainnya.
B. TARI MANGGETEM
Tari_Manggetem_adalah_tarian_kegembiraan_masyarakat_dayak_dalam_hal_mensyukuri_hasil_panen_yang_berlimpah. Tarian_Pagar_Ruyung Tarian_dari_Kabupaten_Lamandau_ini_sering_sekali_ditampilkan_untuk_menyambut_kedatangan_tamu_dari_luar_daerah._Tamu_dari_luar_daerah_mulai_dari_Bupati/Walikota_dari_daerah_lain,_Gubernur,_Presiden dll.
C. TARI POTONG PANTAN
Tarian_memakai_pakaian_khas_suku_Dayak_dengan_hiasan_bulu_burung_tingang_di_atas_kepala._Tari_Potong_Pantan_ini_juga_dilengkapi_mandau_(senjara_khas_Dayak)_sebagai_propertis._Biasanya_tarian_ini_ditampilkan_untuk_menyambut_tamu_dalam_acara_resmi.
D. TARI KANCET PAPATAI/TARI PERANG
Tarian_ini_menceritakan_tentang_seorang_pahlawan_Dayak_Kenyah_berperang_melawan_musuhnya._Gerakan_tarian_ini_sangat_lincah,_gesit,_penuh_semangat_dan_kadang-kadang_diikuti_oleh_pekikan_si_penari._Dalam_tari_Kancet_Pepatay,_penari_mempergunakan_pakaian_tradisionil_suku_Dayak_Kenyah_dilengkapi_dengan_perlatan_perang_seperti_mandau,_perisai_dan_baju_perang._Tari_ini_diiringi_dengan_lagu_Sak_Paku_dan_hanya_menggunakan_alat_musik_Sampe.
E. TARI KANCET LEDO/ TARI GONG
Jika_Kancet_Pepatay_menggambarkan_kejantanan_dan_keperkasaan_pria_Dayak_Kenyah,_sebaliknya_Kancet_Ledo_menggambarkan_kelemah-lembutan_seorang_gadis_bagai_sebatang_padi_yang_meliuk-liuk_lembut_ditiup_oleh_angin._Tari_ini_dibawakan_oleh_seorang_wanita_dengan_memakai_pakaian_tradisionil_suku_Dayak_Kenyah_dan_pada_kedua_belah_tangannya_memegang_rangkaian_bulu-bulu_ekor_burung_Enggang._Biasanya_tari_ini_ditarikan_diatas_sebuah_gong,_sehingga_Kancet_Ledo_disebut_juga_Tari_Gong.
F. TARI KANCET LASAN
Menggambarkan_kehidupan_sehari-hari_burung_Enggang,_burung_yang_dimuliakan_oleh_suku_Dayak_Kenyah_karena_dianggap_sebagai_tanda_keagungan_dan_kepahlawanan._Tari_Kancet_Lasan_merupakan_tarian_tunggal_wanita_suku_Dayak_Kenyah_yang_sama_gerak_dan_posisinya_seperti_Tari_Kancet_Ledo,_namun_si_penari_tidak_mempergunakan_gong_dan_bulu-bulu_burung_Enggang_dan_juga_si_penari_banyak_mempergunakan_posisi_merendah_dan_berjongkok_atau_duduk_dengan_lutut_menyentuh_lantai._Tarian_ini_lebih_ditekankan_pada_gerak-gerak_burung_Enggang_ketika_terbang_melayang_dan_hinggap_bertengger_di_dahan_pohon.
G. TARI LELENG
Tarian_ini_menceritakan_seorang_gadis_bernama_Utan_Along_yang_akan_dikawinkan_secara_paksa_oleh_orangtuanya_dengan_pemuda_yang_tak_dicintainya._Utan_Along_akhirnya_melarikan_diri_kedalam_hutan._Tarian_gadis_suku_Dayak_Kenyah_ini_ditarikan_dengan_diiringi_nyanyian_lagu_Leleng.
H. TARI HUDOQ
Tarian_ini_dilakukan_dengan_menggunakan_topeng_kayu_yang_menyerupai_binatang_buas_serta_menggunakan_daun_pisang_atau_daun_kelapa_sebagai_penutup_tubuh_penari._Tarian_ini_erat_hubungannya_dengan_upacara_keagamaan_dari_kelompok_suku_Dayak_Bahau_dan_Modang._Tari_Hudoq_dimaksudkan untuk_memperoleh_kekuatan_dalam_mengatasi_gangguan_hama_perusak_tanaman_dan_mengharapkan_diberikan_kesuburan_dengan_hasil_panen_yang_banyak.
I. TARI HUDOQ KITA
Tarian_dari_suku_Dayak_Kenyah_ini_pada_prinsipnya_sama_dengan_Tari_Hudoq_dari_suku_Dayak_Bahau_dan_Modang,_yakni_untuk_upacara_menyambut_tahun_tanam_maupun_untuk_menyampaikan_rasa_terima_kasih_pada_dewa_yang_telah_memberikan_hasil_panen_yang_baik._Perbedaan_yang_mencolok_anatara_Tari_Hudoq_Kita'_dan_Tari_Hudoq_ada_pada_kostum,_topeng,_gerakan_tarinya_dan_iringan_musiknya._Kostum_penari_Hudoq_Kita'_menggunakan_baju_lengan_panjang_dari_kain_biasa_dan_memakaikain_sarung,_sedangkan_topengnya_berbentuk_wajah_manusia_biasa_yang_banyak_dihiasi_dengan_ukiran_khas_Dayak_Kenyah._Ada_dua_jenis_topeng_dalam_tari_Hudoq_Kita',_yakni_yang_terbuat_dari_kayu_dan_yang_berupa_cadar_terbuat_dari_manik-manik_dengan_ornamen_Dayak_Kenyah.
J. TARI SERUMPAI
Tarian_suku_Dayak_Benuaq_ini_dilakukan_untuk_menolak_wabah_penyakit_dan_mengobati_orang_yangdigigit_anjing_gila._Disebut_tarian_Serumpai_karena_tarian_diiringi_alat_musik_Serumpai_(sejenis_serulingbambu)._
K. TARI BELIAN BOWO
Upacara_Belian_Bawo_bertujuan_untuk_menolak_penyakit,_mengobati_orang_sakit,_membayar_nazar_dan_lain_sebagainya._Setelah_diubah_menjadi_tarian,_tari_ini_sering_disajikan_pada_acara-acara_penerima_tamu_dan_acara_kesenian_lainnya._Tarian_ini_merupakan_tarian_suku_Dayak_Benuaq.
L. TARI KUYANG
Sebuah_tarian_Belian_dari_suku_Dayak_Benuaq_untuk_mengusir_hantu-hantu_yang_menjaga_pohon-pohon_yang_besar_dan_tinggi_agar_tidak_mengganggu_manusia_atau_orang_yang_menebang_pohon_tersebut.
M. TARI PECUK KINA
Tarian_ini_menggambarkan_perpindahan_suku_Dayak_Kenyah_yang_berpindah_dari_daerah_Apo_Kayan_(Kab._Bulungan)_ke_daerah_Long_Segar_(Kab._Kutai_Barat)_yang_memakan_waktu_bertahun-tahun.
Tari_Datun Tarian_ini_merupakan_tarian_bersama_gadis_suku_Dayak_Kenyah_dengan_jumlah_tak_pasti,_boleh_10_hingga_20_orang._Menurut_riwayatnya,_tari_bersama_ini_diciptakan_oleh_seorang_kepala_suku_Dayak_Kenyah_di_Apo_Kayan_yang_bernama_Nyik_Selung,_sebagai_tanda_syukur_dan_kegembiraan_atas_kelahiran_seorang_cucunya._Kemudian_tari_ini_berkembang_ke_segenap_daerah_suku_Dayak_Kenyah.
N. TARI NGERANGKAU
Tari_Ngerangkau_adalah_tarian_adat_dalam_hal_kematian_dari_suku_Dayak_Tunjung_dan_Benuaq._Tarian_ini_mempergunakan_alat-alat_penumbuk_padi_yang_dibentur-benturkan_secara_teratur_dalam_posisi_mendatar_sehingga_menimbulkan_irama_tertentu.
O. TARI BARAGA BAGANTAR
Awalnya_Baraga'_Bagantar_adalah_upacara_belian_untuk_merawat_bayi_dengan_memohon_bantuan_dariNayun_Gantar._Sekarang_upacara_ini_sudah_digubah_menjadi_sebuah_tarian_oleh_suku_Dayak_Benuaq.
P. TARI GIRING-GIRING
Tari_Giring-giring_adalah_salah_satu_tarian_daerah_Kalteng_dan_kab._Bartim_pada_khususnya._Tarian_ini_dipopulerkan_oleh_kalangan_suku_Dayak_Ma’anyan_dan_ditarikan_dalam_acara-acara_bergembira,_menyambut_tamu_dan_juga_sebagai_selingan_pada_pesta-pesta_atau_acara_tertentu._Selain_itu,_tari_Giring-giring_ini_juga_digunakan_sebagai_tarian_pergaulan_di_kalangan_muda-mudi. Cara_menarinya_yaitu_dengan_menghentakkan_satu_tongkat_ke_lantai_yang_dipegang_di_tangan_kiri_dan_di_tangan_kanan_memegang_bambu_yang_di_dalamnya_berisi_kerikil_sambil_digoyang-goyang_agar_mendapatkan_bunyi,_sedangkan_kaki_maju_mundur_mengikuti_irama_lagu.
Q. TARI MANDAU
Tari_Mandau._Tarian_Mandau_merupakan_satu_dari_sekian_banyak_jenis_tari_yang_lahir_dari_kultur_Budaya_masyarakat_Suku_Dayak_di_Kalimantan_Tengah._Tari_Mandau_Suku_Dayak_simbolisasi_dari_semangat_juang_masyarakat_Suku_Dayak_dalam_membela_harkat_dan_martabatnya. Selain_menggambarkan_patriotisme_warga_Bumi_Tambun_Bungai_untuk_menjaga_tanah_kelahirannya,_Tari_Mandau_Suku_Dayak_Kalteng_juga_merupakan_simbolisasi_keperkasaan_pria_Suku_Dayak_Kalimantan_Tengah_dalam_menghadapi_segala_macam_tantangan_dalam_aspek_kehidupan. Dalam_setiap_pertunjukan_atau_persembahan_Tari_Mandau_diringi_alunan_suara_kemerduan_Gandang_dan_Garantung_bertalu_kencang._Harmonisasi_perangkat_musik_tradisional_tersebut_memunculkan_iramapenuh_semangat,_seolah_mengajak_mereka_yang_mendengar_dan_menyaksikan_persembahan_Tari_Mandau_semakin_bersemangat_layaknya_pejuang_Suku_Dayak_yang_siap_terjun_ke_medan_juang. Kelompok_penari_Tari_Mandau_seringkali_dilengkapi_dengan_menggenggam_Mandau_pada_tangan_sebelah_kanan,_sedangkan_di_tangan_kiri_Talawang_menangkis_serangan_musuh_sebagai_tameng_kokoh_suku_Dayak_juga_tampil_menyempurnakan_Tari_Mandau_Suku_Dayak_yang_ditampilkan.
Tari_Dadas_adalah_sebuh_tari_yang_berasal_dari_daerah_Barito_Selatan._Tarian_ini_adalah_tarian_muda-mudi_dayak._Dengan_menggunakan_gelang_dadas_nuansa_tari_semakin_terasa_karena_ditampilkan_dengan_musik_yang_seirama_dengan_gerak_dan_tari_para_penarinya._ Adapun_alat_musik_yang_digunakan_untuk_menarikan_tarian_Dadas_ini_adalah_gong,_kangkanung,_gendang_dan_alat_musik_khas_masyarakat_lainnya.
B. TARI MANGGETEM
Tari_Manggetem_adalah_tarian_kegembiraan_masyarakat_dayak_dalam_hal_mensyukuri_hasil_panen_yang_berlimpah. Tarian_Pagar_Ruyung Tarian_dari_Kabupaten_Lamandau_ini_sering_sekali_ditampilkan_untuk_menyambut_kedatangan_tamu_dari_luar_daerah._Tamu_dari_luar_daerah_mulai_dari_Bupati/Walikota_dari_daerah_lain,_Gubernur,_Presiden dll.
C. TARI POTONG PANTAN
Tarian_memakai_pakaian_khas_suku_Dayak_dengan_hiasan_bulu_burung_tingang_di_atas_kepala._Tari_Potong_Pantan_ini_juga_dilengkapi_mandau_(senjara_khas_Dayak)_sebagai_propertis._Biasanya_tarian_ini_ditampilkan_untuk_menyambut_tamu_dalam_acara_resmi.
D. TARI KANCET PAPATAI/TARI PERANG
Tarian_ini_menceritakan_tentang_seorang_pahlawan_Dayak_Kenyah_berperang_melawan_musuhnya._Gerakan_tarian_ini_sangat_lincah,_gesit,_penuh_semangat_dan_kadang-kadang_diikuti_oleh_pekikan_si_penari._Dalam_tari_Kancet_Pepatay,_penari_mempergunakan_pakaian_tradisionil_suku_Dayak_Kenyah_dilengkapi_dengan_perlatan_perang_seperti_mandau,_perisai_dan_baju_perang._Tari_ini_diiringi_dengan_lagu_Sak_Paku_dan_hanya_menggunakan_alat_musik_Sampe.
E. TARI KANCET LEDO/ TARI GONG
Jika_Kancet_Pepatay_menggambarkan_kejantanan_dan_keperkasaan_pria_Dayak_Kenyah,_sebaliknya_Kancet_Ledo_menggambarkan_kelemah-lembutan_seorang_gadis_bagai_sebatang_padi_yang_meliuk-liuk_lembut_ditiup_oleh_angin._Tari_ini_dibawakan_oleh_seorang_wanita_dengan_memakai_pakaian_tradisionil_suku_Dayak_Kenyah_dan_pada_kedua_belah_tangannya_memegang_rangkaian_bulu-bulu_ekor_burung_Enggang._Biasanya_tari_ini_ditarikan_diatas_sebuah_gong,_sehingga_Kancet_Ledo_disebut_juga_Tari_Gong.
F. TARI KANCET LASAN
Menggambarkan_kehidupan_sehari-hari_burung_Enggang,_burung_yang_dimuliakan_oleh_suku_Dayak_Kenyah_karena_dianggap_sebagai_tanda_keagungan_dan_kepahlawanan._Tari_Kancet_Lasan_merupakan_tarian_tunggal_wanita_suku_Dayak_Kenyah_yang_sama_gerak_dan_posisinya_seperti_Tari_Kancet_Ledo,_namun_si_penari_tidak_mempergunakan_gong_dan_bulu-bulu_burung_Enggang_dan_juga_si_penari_banyak_mempergunakan_posisi_merendah_dan_berjongkok_atau_duduk_dengan_lutut_menyentuh_lantai._Tarian_ini_lebih_ditekankan_pada_gerak-gerak_burung_Enggang_ketika_terbang_melayang_dan_hinggap_bertengger_di_dahan_pohon.
G. TARI LELENG
Tarian_ini_menceritakan_seorang_gadis_bernama_Utan_Along_yang_akan_dikawinkan_secara_paksa_oleh_orangtuanya_dengan_pemuda_yang_tak_dicintainya._Utan_Along_akhirnya_melarikan_diri_kedalam_hutan._Tarian_gadis_suku_Dayak_Kenyah_ini_ditarikan_dengan_diiringi_nyanyian_lagu_Leleng.
H. TARI HUDOQ
Tarian_ini_dilakukan_dengan_menggunakan_topeng_kayu_yang_menyerupai_binatang_buas_serta_menggunakan_daun_pisang_atau_daun_kelapa_sebagai_penutup_tubuh_penari._Tarian_ini_erat_hubungannya_dengan_upacara_keagamaan_dari_kelompok_suku_Dayak_Bahau_dan_Modang._Tari_Hudoq_dimaksudkan untuk_memperoleh_kekuatan_dalam_mengatasi_gangguan_hama_perusak_tanaman_dan_mengharapkan_diberikan_kesuburan_dengan_hasil_panen_yang_banyak.
I. TARI HUDOQ KITA
Tarian_dari_suku_Dayak_Kenyah_ini_pada_prinsipnya_sama_dengan_Tari_Hudoq_dari_suku_Dayak_Bahau_dan_Modang,_yakni_untuk_upacara_menyambut_tahun_tanam_maupun_untuk_menyampaikan_rasa_terima_kasih_pada_dewa_yang_telah_memberikan_hasil_panen_yang_baik._Perbedaan_yang_mencolok_anatara_Tari_Hudoq_Kita'_dan_Tari_Hudoq_ada_pada_kostum,_topeng,_gerakan_tarinya_dan_iringan_musiknya._Kostum_penari_Hudoq_Kita'_menggunakan_baju_lengan_panjang_dari_kain_biasa_dan_memakaikain_sarung,_sedangkan_topengnya_berbentuk_wajah_manusia_biasa_yang_banyak_dihiasi_dengan_ukiran_khas_Dayak_Kenyah._Ada_dua_jenis_topeng_dalam_tari_Hudoq_Kita',_yakni_yang_terbuat_dari_kayu_dan_yang_berupa_cadar_terbuat_dari_manik-manik_dengan_ornamen_Dayak_Kenyah.
J. TARI SERUMPAI
Tarian_suku_Dayak_Benuaq_ini_dilakukan_untuk_menolak_wabah_penyakit_dan_mengobati_orang_yangdigigit_anjing_gila._Disebut_tarian_Serumpai_karena_tarian_diiringi_alat_musik_Serumpai_(sejenis_serulingbambu)._
K. TARI BELIAN BOWO
Upacara_Belian_Bawo_bertujuan_untuk_menolak_penyakit,_mengobati_orang_sakit,_membayar_nazar_dan_lain_sebagainya._Setelah_diubah_menjadi_tarian,_tari_ini_sering_disajikan_pada_acara-acara_penerima_tamu_dan_acara_kesenian_lainnya._Tarian_ini_merupakan_tarian_suku_Dayak_Benuaq.
L. TARI KUYANG
Sebuah_tarian_Belian_dari_suku_Dayak_Benuaq_untuk_mengusir_hantu-hantu_yang_menjaga_pohon-pohon_yang_besar_dan_tinggi_agar_tidak_mengganggu_manusia_atau_orang_yang_menebang_pohon_tersebut.
M. TARI PECUK KINA
Tarian_ini_menggambarkan_perpindahan_suku_Dayak_Kenyah_yang_berpindah_dari_daerah_Apo_Kayan_(Kab._Bulungan)_ke_daerah_Long_Segar_(Kab._Kutai_Barat)_yang_memakan_waktu_bertahun-tahun.
Tari_Datun Tarian_ini_merupakan_tarian_bersama_gadis_suku_Dayak_Kenyah_dengan_jumlah_tak_pasti,_boleh_10_hingga_20_orang._Menurut_riwayatnya,_tari_bersama_ini_diciptakan_oleh_seorang_kepala_suku_Dayak_Kenyah_di_Apo_Kayan_yang_bernama_Nyik_Selung,_sebagai_tanda_syukur_dan_kegembiraan_atas_kelahiran_seorang_cucunya._Kemudian_tari_ini_berkembang_ke_segenap_daerah_suku_Dayak_Kenyah.
N. TARI NGERANGKAU
Tari_Ngerangkau_adalah_tarian_adat_dalam_hal_kematian_dari_suku_Dayak_Tunjung_dan_Benuaq._Tarian_ini_mempergunakan_alat-alat_penumbuk_padi_yang_dibentur-benturkan_secara_teratur_dalam_posisi_mendatar_sehingga_menimbulkan_irama_tertentu.
O. TARI BARAGA BAGANTAR
Awalnya_Baraga'_Bagantar_adalah_upacara_belian_untuk_merawat_bayi_dengan_memohon_bantuan_dariNayun_Gantar._Sekarang_upacara_ini_sudah_digubah_menjadi_sebuah_tarian_oleh_suku_Dayak_Benuaq.
P. TARI GIRING-GIRING
Tari_Giring-giring_adalah_salah_satu_tarian_daerah_Kalteng_dan_kab._Bartim_pada_khususnya._Tarian_ini_dipopulerkan_oleh_kalangan_suku_Dayak_Ma’anyan_dan_ditarikan_dalam_acara-acara_bergembira,_menyambut_tamu_dan_juga_sebagai_selingan_pada_pesta-pesta_atau_acara_tertentu._Selain_itu,_tari_Giring-giring_ini_juga_digunakan_sebagai_tarian_pergaulan_di_kalangan_muda-mudi. Cara_menarinya_yaitu_dengan_menghentakkan_satu_tongkat_ke_lantai_yang_dipegang_di_tangan_kiri_dan_di_tangan_kanan_memegang_bambu_yang_di_dalamnya_berisi_kerikil_sambil_digoyang-goyang_agar_mendapatkan_bunyi,_sedangkan_kaki_maju_mundur_mengikuti_irama_lagu.
Q. TARI MANDAU
Tari_Mandau._Tarian_Mandau_merupakan_satu_dari_sekian_banyak_jenis_tari_yang_lahir_dari_kultur_Budaya_masyarakat_Suku_Dayak_di_Kalimantan_Tengah._Tari_Mandau_Suku_Dayak_simbolisasi_dari_semangat_juang_masyarakat_Suku_Dayak_dalam_membela_harkat_dan_martabatnya. Selain_menggambarkan_patriotisme_warga_Bumi_Tambun_Bungai_untuk_menjaga_tanah_kelahirannya,_Tari_Mandau_Suku_Dayak_Kalteng_juga_merupakan_simbolisasi_keperkasaan_pria_Suku_Dayak_Kalimantan_Tengah_dalam_menghadapi_segala_macam_tantangan_dalam_aspek_kehidupan. Dalam_setiap_pertunjukan_atau_persembahan_Tari_Mandau_diringi_alunan_suara_kemerduan_Gandang_dan_Garantung_bertalu_kencang._Harmonisasi_perangkat_musik_tradisional_tersebut_memunculkan_iramapenuh_semangat,_seolah_mengajak_mereka_yang_mendengar_dan_menyaksikan_persembahan_Tari_Mandau_semakin_bersemangat_layaknya_pejuang_Suku_Dayak_yang_siap_terjun_ke_medan_juang. Kelompok_penari_Tari_Mandau_seringkali_dilengkapi_dengan_menggenggam_Mandau_pada_tangan_sebelah_kanan,_sedangkan_di_tangan_kiri_Talawang_menangkis_serangan_musuh_sebagai_tameng_kokoh_suku_Dayak_juga_tampil_menyempurnakan_Tari_Mandau_Suku_Dayak_yang_ditampilkan.
Comments
Post a Comment