SENI TARI DAERAH ISTIMEWA (DI) YOGYAKARTA
TARI SERIMPI
Tari_Serimpi_merupakan_salah_satu_diantaranya._Jenis_tarian_yang_diperagakan_empat_putri_ini_masing-masing_memiliki_sebutan_yakni_air,api,_angin_dan_bumi_atau_tanah._Selain_melambangkan_terjadinya_atauunsur_manusia,_juga_melambangkan_empat_penjuru_mata_angin._ Di_kalangan_istana_Yogyakarta,_Tari_Serimpi_dijadikan_sebagai_tari_klasikdan_menjadi_seni_yang_dianggap_sebagai_pusaka_Kraton._Tarian_inipun_dianggap_sakral_sebab_dipentaskan_hanya_pada_internal_keraton_saja_gunaritual_kenegaraan_atau_acara_lainnya._Tari_Serimpi_berawal_dari_masa_kejayaan_Kerajaan_Mataram_saat_Sultan_Agung_memerintah_antara_1613-1646._Pada_1775_Kerajaan_Mataram_pecah_menjadi_Kesultanan_Yogyakarta_dan_Kesultanan_Surakarta._Perpecahan_ini_juga_berimbas_pada_tarian_Serimpi_walaupun_inti_dari_tarian_masih_sama. Tarian_Serimpi_di_Kesultanan_Yogyakarta_digolongkan_menjadi_Serimpi_Babul_Layar,_Serimpi_Dhempel,_Serimpi_Genjung._Sedangkan_di_Kesultanan_Surakarta_digolongkan_menjadi_Serimpi_Anglir_Mendung_dan_Serimpi_Bondan._Walaupun_sudah_tercipta_sejak_lama,_tarian_ini_baru_dikenal_khalayak_banyak_sejak_1970-an_lantaran_sebelumnya_terkekang_oleh_tembok_kraton._Kostum_yang_digunakan_pun_adalah_pakaianpengantin_puteri_Kraton_Yogyakarta,_lengkap_dengan_dodotan_dan_gelung_bokor_yang_menjadi_hiasan_kepala_sang_penari.
Macam-Macam_Tari_Serimpi_:
1.Tari_Serimpi_Cina Salah_satu_jenis_tari_putri_klasik_di_Istana_Kraton_Ngayogyakarta_Hadiningrat._Ada_kekhususan_padatari_Serimpi_cina,_yaitu_busana_para_penari_menyesuaikan_dengan_pakaian_cina.
2.Tari_Serimpi_Padhelori Diciptakan_oleh_Sultan_Hamengku_Buwana_VI_dan_VII._Properti_yang_digunakan_dalam_tarian_ini_berupa_pistol_dan_cundrik._Membawakan_cerita_petikan_dari_Menak,_ialah_perang_tanding_Dewi_Sirtu_Pelaeli_dan_dewi_Sudarawerti._Tari_Serimpi_Padhelori_mempergunakan_lagu_pengiring_utama_Gending_Pandhelori.
3.Tari_Serimpi_Pistol Salah_satu_jenis_tari_putri_klasik_gaya_Yogyakarta,_yang_diciptakan_oleh_Sultan_Hamengku_Buwana_VII._Kekhususan_tarian_ini_terletak_pada_properti_yang_digunakan_yaitu_pistol.
4.Tari_Serimpi_Merak_Kasimpir Salah_satu_jenis_tari_putri_klasik_gaya_Yogyakarta,_yang_diciptakan_oleh_Sultan_Hamengku_Buwana_VII._Properti_yang_digunakan_dalam_tarian_ini_berupa_pistol_dan_jemparing._Gending_yang_dipergunakan_untuk_mengiringi_tari_Serimpi_Merak_Kasimpir_adalah_Gending_Merak_Kasimpir.
5.Tari_Serimpi_Renggawati Salah_satu_jenis_tari_putri_klasik_gaya_Yogyakarta,_yang_diciptakan_oleh_Sultan_Hamengku_Buwana_V._Penari_Serimpi_Renggawati_berjumlah_5_orang._Membawakan_cerita_petikan_dari_Angling_Darmo_yang_magis,_dengan_menggunakan_tambahan_properti_sebatang_pohon_dan_seekor_burung_mliwis_putih.
6.Tari_Serimpi_Pramugari Salah_satu_jenis_tari_putri_klasik_gaya_Yogyakarta,_merupakan_hasil_ciptakan_Sultan_Hamengku_Buwana_VII._Tarian_ini_menggunakan_properti_pistol._Gending_yang_dipergunakan_untuk_mengiringi_tari_Serimpi_Pramugrari_adalah_Gending_Pramugrari.
7.Tari_Serimpi_Sangopati Tarian_ini_dimainkan_oleh_dua_orang_penari_wanita._Tarian_srimpi_sangopati_karya_Pakubuwono_IX_ini,_sebenarnya_merupakan_tarian_karya_Pakubuwono_IV_yang_memerintah_Kraton_Surakarta_Hadiningrat_pada_tahun_1788-1820_dengan_nama_Srimpi_Sangopati_kata_sangapati_itu_sendiri_berasal_dari_kata_sang_apati,_sebuah sebutan_bagi_calon_pengganti_raja._Tarian_ini_melambangkan_bekal_untuk_kematian_(dari_arti_Sangopati)_diperuntukan_kepada_Belanda.
8.Tari_Serimpi_Anglirmendhung Menurut_R.T._Warsadiningrat,_Anglirmedhung_ini_digubah_oleh_K.G.P.A.A.Mangkunagara_I._Semula_terdiri_atas_tujuh_penari,_yang_kemudian_dipersembahkan_kepada_Sinuhun_Paku_Buwana._Tetapi_atas_kehendak_Sinuhun_Paku_Buwana_IV_tarian_ini_dirubah_sedikit,_menjadi_Srimpi_yang_hanya_terdiri_atas_empat_penari_saja.
9._Tari_Serimpi_Ludira_Madu Tari_Srimpi_Ludira_Madu_ini_diciptakan_oleh_Paku_Buwono_V_ketika_masih_menjadi_putra_mahkota_Keraton_Surakarta_dengan_gelar_sebutan_Kanjeng_Gusti_Pangeran_Adipati_Anom.Tarian_ini_diciptakanuntuk_mengenang_ibunda_tercinta_yang_masih_keturunan_Madura,_yaitu_putri_Adipati_Cakraningrat_dariPamekasan._Ketika_sang_ibu_meninggal_dunia,_Pakubuwono_V_masih_berusia_1_½_tahun_,_dan_masih_bernama_Gusti_Raden_Mas_Sugandi._Jumlah_penari_dalam_tarian_ini_adalah_4_orang_putri._Dalam_tarian_ini_digambarkan_sosok_seorang_ibu_yang_bijaksana_dan_cantik_seperti_jelas_dituliskan_pada_syair_lagu_Srimpi_Ludira_Madu._Nama_Ludira_Madu_diambil_dari_makna_Ludira_Madura_yang_berarti_"Darah/_keturunan_Madura".
TARI BEDHAYA
Tari_lainnya_yang_juga_terkenal_dari_Yogyakarta_adalah_Tari_Bedhaya._Sebuah_tarian_yang_diperagakan_oleh_sembilan_wanita._Wanitanya_pun_tidak_boleh_sembarangan,_hanya_yang_belum_menikah_alias_masih_perawan_saja_yang_diperkenankan_melakukan_tarian_ini._Tari_Bedhaya_ini_termasuk_tarian_putriyang_halus,_luhur,_serta_adiluhung,_indah_dan_ritual._Melalui_tari_bedhaya_para_putri_sultan_dilatih_danditanamkan_pendidikan_tentang_etika,_estitika_dan_kehalusan_budi_pekerti_oleh_sultan_sebagai_bekal_hidup_di_lingkungan_istana._ Tema_yang_ditampilkan_pada_Tari_Bedhaya_sebenarnya_sama_dengan_tema_pada_Tari_Serimpi,_yaitu_menggambarkan_pertikaian_antara_dua_hal_yang_bertentangan_antara_baik_dengan__buruk,_antara_benar_dan_salah_antara_akal_manusia_dan_nafsu_manusia._Tari_Bedaya_hingga_kini_masih_disakralkan,_sehingga_jika_disajikan_sebagai_pertunjukan_maka_harus_diberlakukan_beberapa_ketentuan_yang_harus_dipenuhi. Kesembilan_penari_yang_melakukan_tarian_ini_menggunakan_busana,_tata_rias_dan_juga_tata_rambut_yang_sama._Tari_Bedhaya_memiliki_ritme_yang_halus_dan_tenteram_dalam_setiap_gerakannya._Koreografi_tarian_ini_merupakan_formasi_kelompok_denganpola_dasar_asimetris._Bahkan_konon,_Tari_Bedhaya_merupakan_gubahan_Kanjeng_Ratu_Kidul_,_yakni_saat_Penembahan_Sanapati-Raja_Mataram_pertama_bersemadi_di_Pantai_Selatan._Dikisahkan_dalam_semadinya,Penembahan_Senapati_bertemu_dengan_Kanjeng_Ratu_Kidul_yang_sedang_menari._Selanjutnya_penguasa_laut_Selatan_itupun_mengajarkannya_pada_penguasa_Mataram_tersebut._
Tari_Serimpi_merupakan_salah_satu_diantaranya._Jenis_tarian_yang_diperagakan_empat_putri_ini_masing-masing_memiliki_sebutan_yakni_air,api,_angin_dan_bumi_atau_tanah._Selain_melambangkan_terjadinya_atauunsur_manusia,_juga_melambangkan_empat_penjuru_mata_angin._ Di_kalangan_istana_Yogyakarta,_Tari_Serimpi_dijadikan_sebagai_tari_klasikdan_menjadi_seni_yang_dianggap_sebagai_pusaka_Kraton._Tarian_inipun_dianggap_sakral_sebab_dipentaskan_hanya_pada_internal_keraton_saja_gunaritual_kenegaraan_atau_acara_lainnya._Tari_Serimpi_berawal_dari_masa_kejayaan_Kerajaan_Mataram_saat_Sultan_Agung_memerintah_antara_1613-1646._Pada_1775_Kerajaan_Mataram_pecah_menjadi_Kesultanan_Yogyakarta_dan_Kesultanan_Surakarta._Perpecahan_ini_juga_berimbas_pada_tarian_Serimpi_walaupun_inti_dari_tarian_masih_sama. Tarian_Serimpi_di_Kesultanan_Yogyakarta_digolongkan_menjadi_Serimpi_Babul_Layar,_Serimpi_Dhempel,_Serimpi_Genjung._Sedangkan_di_Kesultanan_Surakarta_digolongkan_menjadi_Serimpi_Anglir_Mendung_dan_Serimpi_Bondan._Walaupun_sudah_tercipta_sejak_lama,_tarian_ini_baru_dikenal_khalayak_banyak_sejak_1970-an_lantaran_sebelumnya_terkekang_oleh_tembok_kraton._Kostum_yang_digunakan_pun_adalah_pakaianpengantin_puteri_Kraton_Yogyakarta,_lengkap_dengan_dodotan_dan_gelung_bokor_yang_menjadi_hiasan_kepala_sang_penari.
Macam-Macam_Tari_Serimpi_:
1.Tari_Serimpi_Cina Salah_satu_jenis_tari_putri_klasik_di_Istana_Kraton_Ngayogyakarta_Hadiningrat._Ada_kekhususan_padatari_Serimpi_cina,_yaitu_busana_para_penari_menyesuaikan_dengan_pakaian_cina.
2.Tari_Serimpi_Padhelori Diciptakan_oleh_Sultan_Hamengku_Buwana_VI_dan_VII._Properti_yang_digunakan_dalam_tarian_ini_berupa_pistol_dan_cundrik._Membawakan_cerita_petikan_dari_Menak,_ialah_perang_tanding_Dewi_Sirtu_Pelaeli_dan_dewi_Sudarawerti._Tari_Serimpi_Padhelori_mempergunakan_lagu_pengiring_utama_Gending_Pandhelori.
3.Tari_Serimpi_Pistol Salah_satu_jenis_tari_putri_klasik_gaya_Yogyakarta,_yang_diciptakan_oleh_Sultan_Hamengku_Buwana_VII._Kekhususan_tarian_ini_terletak_pada_properti_yang_digunakan_yaitu_pistol.
4.Tari_Serimpi_Merak_Kasimpir Salah_satu_jenis_tari_putri_klasik_gaya_Yogyakarta,_yang_diciptakan_oleh_Sultan_Hamengku_Buwana_VII._Properti_yang_digunakan_dalam_tarian_ini_berupa_pistol_dan_jemparing._Gending_yang_dipergunakan_untuk_mengiringi_tari_Serimpi_Merak_Kasimpir_adalah_Gending_Merak_Kasimpir.
5.Tari_Serimpi_Renggawati Salah_satu_jenis_tari_putri_klasik_gaya_Yogyakarta,_yang_diciptakan_oleh_Sultan_Hamengku_Buwana_V._Penari_Serimpi_Renggawati_berjumlah_5_orang._Membawakan_cerita_petikan_dari_Angling_Darmo_yang_magis,_dengan_menggunakan_tambahan_properti_sebatang_pohon_dan_seekor_burung_mliwis_putih.
6.Tari_Serimpi_Pramugari Salah_satu_jenis_tari_putri_klasik_gaya_Yogyakarta,_merupakan_hasil_ciptakan_Sultan_Hamengku_Buwana_VII._Tarian_ini_menggunakan_properti_pistol._Gending_yang_dipergunakan_untuk_mengiringi_tari_Serimpi_Pramugrari_adalah_Gending_Pramugrari.
7.Tari_Serimpi_Sangopati Tarian_ini_dimainkan_oleh_dua_orang_penari_wanita._Tarian_srimpi_sangopati_karya_Pakubuwono_IX_ini,_sebenarnya_merupakan_tarian_karya_Pakubuwono_IV_yang_memerintah_Kraton_Surakarta_Hadiningrat_pada_tahun_1788-1820_dengan_nama_Srimpi_Sangopati_kata_sangapati_itu_sendiri_berasal_dari_kata_sang_apati,_sebuah sebutan_bagi_calon_pengganti_raja._Tarian_ini_melambangkan_bekal_untuk_kematian_(dari_arti_Sangopati)_diperuntukan_kepada_Belanda.
8.Tari_Serimpi_Anglirmendhung Menurut_R.T._Warsadiningrat,_Anglirmedhung_ini_digubah_oleh_K.G.P.A.A.Mangkunagara_I._Semula_terdiri_atas_tujuh_penari,_yang_kemudian_dipersembahkan_kepada_Sinuhun_Paku_Buwana._Tetapi_atas_kehendak_Sinuhun_Paku_Buwana_IV_tarian_ini_dirubah_sedikit,_menjadi_Srimpi_yang_hanya_terdiri_atas_empat_penari_saja.
9._Tari_Serimpi_Ludira_Madu Tari_Srimpi_Ludira_Madu_ini_diciptakan_oleh_Paku_Buwono_V_ketika_masih_menjadi_putra_mahkota_Keraton_Surakarta_dengan_gelar_sebutan_Kanjeng_Gusti_Pangeran_Adipati_Anom.Tarian_ini_diciptakanuntuk_mengenang_ibunda_tercinta_yang_masih_keturunan_Madura,_yaitu_putri_Adipati_Cakraningrat_dariPamekasan._Ketika_sang_ibu_meninggal_dunia,_Pakubuwono_V_masih_berusia_1_½_tahun_,_dan_masih_bernama_Gusti_Raden_Mas_Sugandi._Jumlah_penari_dalam_tarian_ini_adalah_4_orang_putri._Dalam_tarian_ini_digambarkan_sosok_seorang_ibu_yang_bijaksana_dan_cantik_seperti_jelas_dituliskan_pada_syair_lagu_Srimpi_Ludira_Madu._Nama_Ludira_Madu_diambil_dari_makna_Ludira_Madura_yang_berarti_"Darah/_keturunan_Madura".
TARI BEDHAYA
Tari_lainnya_yang_juga_terkenal_dari_Yogyakarta_adalah_Tari_Bedhaya._Sebuah_tarian_yang_diperagakan_oleh_sembilan_wanita._Wanitanya_pun_tidak_boleh_sembarangan,_hanya_yang_belum_menikah_alias_masih_perawan_saja_yang_diperkenankan_melakukan_tarian_ini._Tari_Bedhaya_ini_termasuk_tarian_putriyang_halus,_luhur,_serta_adiluhung,_indah_dan_ritual._Melalui_tari_bedhaya_para_putri_sultan_dilatih_danditanamkan_pendidikan_tentang_etika,_estitika_dan_kehalusan_budi_pekerti_oleh_sultan_sebagai_bekal_hidup_di_lingkungan_istana._ Tema_yang_ditampilkan_pada_Tari_Bedhaya_sebenarnya_sama_dengan_tema_pada_Tari_Serimpi,_yaitu_menggambarkan_pertikaian_antara_dua_hal_yang_bertentangan_antara_baik_dengan__buruk,_antara_benar_dan_salah_antara_akal_manusia_dan_nafsu_manusia._Tari_Bedaya_hingga_kini_masih_disakralkan,_sehingga_jika_disajikan_sebagai_pertunjukan_maka_harus_diberlakukan_beberapa_ketentuan_yang_harus_dipenuhi. Kesembilan_penari_yang_melakukan_tarian_ini_menggunakan_busana,_tata_rias_dan_juga_tata_rambut_yang_sama._Tari_Bedhaya_memiliki_ritme_yang_halus_dan_tenteram_dalam_setiap_gerakannya._Koreografi_tarian_ini_merupakan_formasi_kelompok_denganpola_dasar_asimetris._Bahkan_konon,_Tari_Bedhaya_merupakan_gubahan_Kanjeng_Ratu_Kidul_,_yakni_saat_Penembahan_Sanapati-Raja_Mataram_pertama_bersemadi_di_Pantai_Selatan._Dikisahkan_dalam_semadinya,Penembahan_Senapati_bertemu_dengan_Kanjeng_Ratu_Kidul_yang_sedang_menari._Selanjutnya_penguasa_laut_Selatan_itupun_mengajarkannya_pada_penguasa_Mataram_tersebut._
Comments
Post a Comment